Selasa, 07 November 2023

 PKL PUSKESMAS TAMBAKAJI 2023

Penyerahan cindera mata berupa flip chart saat pelepasan mahasiswa.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan merupakan bentuk tindak lanjut dari pembelajaran yang dilakukan di dalam perkuliahan. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu kesehatan gigi di lapangan, secara langsung pada masyarat di wilayah Puskesmas Kota Semarang (Prodi Terapi Gigi Program Sarjana Terapan, 2023). Muatan mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa dalam kegiatan ini, yaitu Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Kelompok Berkebutuhan Khusus, Pelatihan Kader, Epidemiologi Dental, UKBM II, Sistem Informasi Kesehatan, dan Penatalaksanaan Kuratif Terbatas IV.

Waktu pelaksanaan kegiatan Praktek Kerja Lapangan di Puskesmas Tambakaji dan masyarakat ditentukan untuk memenuhi beban SKS sebanyak 9 SKS, dimana satuan waktu praktikum 1 SKS selama 170 menit (Permendikbud Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Dengan 12 jam efektif perhari maka total waktu yang diperlukan adalah (170 menit x 14 TM x 9 SKS) : 60 = 357 jam. Selanjutnya 357 jam dibagi dengan 12 jam setara dengan 30 hari. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kegiatan PKL dilaksanakan selama kurang lebih 30 hari dengan rincian kegiatan sebagai berikut :

1. Persamaan persepsi                            : 20 September 2023

2. Pembekalan                                        : 22 September 2023

3. Praktik di Puskemas dan Masyarakat : 25 September – 28 Oktober 2023

Kegiatan Praktek Kerja di Puskesmas yang dilakukan mahasiswa secara rinci sebagai berikut:

  1. Pelayanan asuhan Kesehatan berkebutuhan khusus : mahasiswa melakukan asuhan kebutuhan khusus dengan target memberikan pembinaan kepada Masyarakat/kelompok khusus (melakukan kajian awal, melakukan implementasi promotive preventif, dilakukan evaluasi adanya perubahan perilaku sasaran (ibu hamil, balita, anak kebutuhan khusus, atau lansia).
  2. Pelatihan kader : mahasiswa melakukan pelatihan kader kepada kader Kesehatan di posyandu wilayah kerja puskesmas. 
  3. Epidemiologi dental : mahasiswa melakukan identifikasi atau survey permasalahan Kesehatan gigi dan mulut.
  4. UKBM : mahasiswa melakukan tahapan pemberdayaan Masyarakat dalam peningkatan Kesehatan gigi dan mulut dan melakukan pembentukkan atau revitalisasi UKGM.
  5. Sistem informasi Kesehatan : mahasiswa melakukan input data dan memahami prosedur sistem informasi Kesehatan yang ada di puskesmas.
  6. Penatalaksanaan kuratif terbatas : mahasiswa melakukan Analisa saliva dan pencabutan sesuai kompetensi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer